Cara Membuat Tangki Untuk Truck Sedot WC Kualitas No.1

Cara Membuat Tangki Untuk Truck Sedot WC

Cara membuat tangki untuk truck sedot WC menjadi salah satu cara yang paling banyak dicari.

Bisnis ini memang mampu menyasar kantor, rumah tangga, perusahaan, industri, atau bahkan lainnya karena penting untuk penanganan limbah saat proses penyedotan sedot wc, baik saat mampet atau penuh.

Bayangkan saja, omset menjalankan bisnis sedot WC per bulan mencapai Rp 8 juta. Saat sepi, penghasilan masih bisa mencapai Rp 2,5 juta tiap bulan, dan itu adalah penghasilan paling minim.

Nah, jika Anda ingin memulai bisnis bagaimana cara membuat tangki untuk truck sedot WC – baik untuk usaha membuat tangki, atau usaha sedot wc, berikut informasi yang perlu anda simak.

Tangki dan  Truck Sedot WC

Ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan ketika ingin membuka bisnis sedot WC, terutama untuk truck tinja sebagaimana berikut:

1. Merk

Tidak ada standar merk tertentu ketika menggunakan truck sedot WC. Hanya saja memilih kendaraan harus sesuai kondisi. Hal ini diatur dalam PerMen PUPR No.4 Tahun 2017, termasuk lebar jalan, ketentuan lalu lintas, kemudahan perawatan, dan lainnya.

2. Kapasitas Tangki

kapasitas tangki sangat penting dan harus memenuhi standar USAID, 2016 yaitu antara 3 m3 hingga 4,5 m3.

3. Mesin Penyedot

Mesin vakum berfungsi menyedot lumpur tinja pada truck sedot WC. Ada juga mesin pompa air untuk mendorong air serta menyedot tinja.

Tidak ada standar dalam penggunaan mesin penyedot, hanya saja harus memilih mesin sesuai. Sehingga, anda dapat mengoperasikannya secara mudah. Hal ini tercantum dalam PerMen PUPR NO.4 2017.

Mesin vakum atau mesin diesel bekerja secara langsung, melalui mesin truck sedot WC. Jadi, ketika anda ingin mengetahui bagaimana cara membuat tangki untuk truck sedot WC, harus memenuhi fungsi ini.

4. Selang

Standar untuk melengkapi truck sedot WC harus memenuhi standar USAID tahun 2016, berbahan karet fleksibel. Diameter selang adalah 3 inci serta 4 inci. 3 inci adalah untuk menyedot, sedangkan 4 inci adalah untuk penggelontoran.

Menambahkan selang untuk menyedot, juga harus anda perhatikan ketika ingin melengkapi truck sedot WC. Panjang selang harus mencapai 50 meter, tapi jika akses menuju tangki ternyata sulit diakses pakai selang, maka harus ditambah panjangnya sampai 30 meter.

Sehingga, panjang selang ini sudah sesuai dengan standar minimal. Pada bagian ujungnya, harus ada pipa PVC, ukurannya lebih kecil jika anda bandingkan dengan selang.

Fungsinya yaitu supaya kegiatan menyedot tinja lebih mudah, dan tidak ada sampah masuk dalam tangki truck sedot WC.

5. Pemeliharaan

Menurut PerMen PUPR No. 4 pada tahun 2017, memelihara truck atau juga mesin vakum harus ada standar, yaitu evaluasi harian. Pihak penyedia layanan sedot WC harus memeriksa performa truk, oli mesin, tekanan bang, selang, dan lainnya.

Pembuatan truck sedot WC dengan kapasitas 4m3 atau 4000 liter bisa menyedot hingga 1 kali rit (penyedotan tangki septik rumah), atau dua kali rit (untuk IPAL komunal).

Bagaimana Cara Membuat Tangki Truck Sedot WC?

Sekarang mungkin anda bertanya bagaimana cara membuat tangki untuk truck sedot WC sesuai standar? Anda bisa menggunakan jasa desain tangki sedot WC. Jasa tersebut khusus untuk pembuatan tangki sedot WC.

Biasanya, jasa seperti ini menyediakan fabrikasi khusus, merancang juga membuat desain tangki sedot WC.

Pembuatan tangki seperti ini harus berkualitas, memastikan bahwa tangki punya daya hisap mesin atau mesin vacuum kuat sesuai spesifikasi.

Membuat tangki truck sedot WC memang tidak boleh sembarangan, karena terkait dengan bagaimana penerapan mengelola limbah domestik sesuai peraturan juga regulasi pada daerah setempat.

Hal ini penting, karena dapat mengurangi adanya pencemaran lingkungan. Pencemaran tersebut berdampak pada kualitas lingkungan yang berkurang, mengurangi adanya kesalahan pada saat penyedotan atau pengangkutan limbah tinja.

Jika masyarakat atau perusahaan mempunyai armada truck sedot WC, atau sarana dan prasarana lainnya, maka wajib mengikuti regulasi.

Mengapa?

Kebanyakan daerah punya sanksi berat terhadap pelaku pelanggaran hukum, termasuk untuk pencemaran lingkungan karena truck sedot WC bekerja sembarangan.

Sanksi tersebut berkaitan dengan cara pengelolahan limbah domestik. Sebagai salah satu armada untuk sedot WC, maka juga wajib mengikuti Peraturan Daerah. Selain sanksi administrative, bisa juga sanksi lisan, peringatan tertulis, hingga pencabutan izin.

Sanksi jika ada pelanggaran bisa terkena ancaman tiga bulan sampai denda puluhan juta.

Juga, sanksi sesuai dengan pelanggaran yang anda lakukan. Sanksi bervarisi, seperti sanksi pencemaran pada saat pengolahan limbah domestik, sanksi saat menyedot lumpur tinja yang melanggar SOP, atau sanksi pelanggaran pada SOP IPAL.

Misalnya, anda tidak menggunakan APD atau Alat Pelindung Diri saat melakukan tugas penyedotan menggunakan truck sedot WC. Hal itu termasuk pelanggaran. Karena dapat menghambat proses penyedotan dan pengangkutan lumpur tinja, termasuk menimbulkan resiko penyakit.

SOP Sedot Lumpur Tinja

Selain mengetahui apa saja Cara membuat tangki untuk truck sedot WC, anda juga wajib tahu bagaimana SOP Penyedotan Truck Sedot WC:

Pertama, adalah persiapan harian dalam memberikan pelayanan sedot tinja. Petugas akan memeriksa bagaimana kondisi truck, serta seluruh peralatannya termasuk pompa, oli mesin, tekanan ban, selang, dan lainnya.

Perlengkapan juga wajib anda periksa, seperti sarung tangan, helm proyek, masker, dan boots.

Perlengkapan kerja juga wajib anda periksa seperti garu, buku log, obeng, sekop, perlengkapan untuk cuci tangan, kwitansi penerimaan, surat perintah kerja, peta, pena, dan lainnya.

Rute juga wajib anda pilih supaya dapat mempertimbangkan bagaimana kondisi lalu lintas, serta mencari rute singkat.

Kedua, SOP juga wajib anda perhatikan ketika menyedot lumpur tinja. Setelah menunjukkan surat tugas pada pemilik bangunan, maka petugas dapat mengakses tangki septik sekaligus memeriksa berapa kedalaman lumpur.

Petugas juga harus mengidentifikasi terlebih dahulu bagaimana kondisi septic tank.

Bagaimana jika lumpur tinja mengeras?

Cara membuat tangki untuk truck sedot WC saja tidak cukup untuk menguras septic tank. Anda juga wajib mengetahui tahap pengadukan lumpur atau pengeceran. Sehingga, penyedotan dapat anda lakukan.

Menguras juga tidak boleh sembarangan, karena harus melalui manhole. Jadi, tidak boleh dari pipa inlet dan outlet. Menguras tangki septic tank menggunakan truck sedot WC lengkap dengan pompa vacuum.

Pompa sentrifugal terhbung langsung dengan truck sedot WC. Lumpur tinja dalam septic tank harus anda aduk jika tinggal sedikit. Fungsinya supaya tidak ada padatan tertinggal dalam septic tank. Anda juga tidak perlu menyedot dengan menyisakan lumpur sebagai start up sistem septic tank.

Start up sistem tangki juga tidak perlu pakai tambahan zat apapun.

Bagaimana Memilih Jasa Desain Tangki Untuk Truck Sedot WC?

Berikut adalah hal-hal yang wajib anda perhatikan ketika mencari jasa desain tangki atau jasa welding untuk tangki untuk truck sedot WC:

Pertama, ketahui bagaimana keahlian jasa tersebut. Apakah, jasa tersebut mampu membuat tangki dari mobil sedot limbah secara profesional atau tidak. Sebaiknya pilih jasa desain tangki yang juga menawarkan sedot tinja. Sehingga, tahu betul bagaimana tangki ideal untuk solusi sedot WC.

Kedua, cari tahu bagaimana timnya. Tim kerja welding atau pengelasan harus sesuai standar. Apalagi ini untuk tangki pada truck sedot WC. Tangki buatan jasa tersebut harus mampu menahan daya hisap dari mesin pompa vacuum. Pastikan bahwa tangki tersebut anti penyok.

Ketiga, cari tahu bagaimana hasil kerja sistem drainase. Sistem ini merupakan saluran untuk pembuangan tangki pada truck sedot WC. Sehingga, memberi manfaat supaya tangki tetap awet. Cost atau biaya perawatan tangki lebih rendah.

Keempat, desain juga wajib anda perhatikan. Cara membuat tangki untuk truck sedot WC harus punya desain sesuai, tidak boleh sembarangan. Desain harus simple supaya sesuai dan memudahkan ketika melakukan perawatan, termasuk untuk pencucian.

Bagaimana Cara Perawatan Truck Sedot WC?

Sekarang, anda sudah tahu banyak hal tentang apa saja faktor-faktor yang wajib anda pertimbangkan ketika mempelajari cara membuat tangki untuk truck sedot WC. Entah itu untuk bisnis sedot wc anda atau untuk bisnis welding.

Jika anda fokus pada bisnis sedot WC, maka armada truck sedot WC adalah alat transportasi penting. Tugasnya agar mampu menghisap limbah tinja lebih optimal. Tingkat perawatannya juga wajib anda perhatikan supaya tidak ada masalah.

Kendaraan yang terkena limbah cair, maka sering mengalami korosi atau juga disintegrasi. Sehingga, wajib memperhatikan kebutuhan perawatan kendaraan tersebut, terutama pada bagian tangki truck sedot WC.

Perawatan serta pemeliharaan tepat, memastikan supaya kondisi tangki atau truck hampa udara tetap bekerja dengan masa pakai lebih awet.

Perawatan rutin seperti rangka truck, dan unit vakum adalah penting. Pada bagian utama, yaitu kerangka standar. Kerangka atau frame selalu generic, sehingga selalu berbagi elemen dengan berbagai peralatan lain.

Contohnya, kerangka dasar bisa anda modifikasi atau konfigurasi untuk truk sedot WC. Perhatikan bahwa anda harus rajin ganti oli mesin atau transmisi. Minyak merupakan bagian penting bagi seluruh peralatan mekanik.

Oli bekerja untuk memastikan supaya seluruh bagian logam bisa tetap dalam kondisi baik, walaupun harus bergesekan. Bagian logam juga selalu mengalami panas.

Sifat oli akan berkurang karena terkena panas pada mesin juga menumpuknya kotoran atau kontaminan termasuk serutan logam. Itulah mengapa anda harus rajin ganti oli mesin truck sedot WC.

Mengganti oli harus menyesuaikan jarak tempuh. Standarnya, setiap 10.000 mil wajib ganti oli.

Tune-up juga harus anda lakukan untuk merawat mesin atau ECU supaya kinerja truck sedot WC anda baik. Perhatikan bahwa anda harus melakukan penyetelan regular.

Komponen lainnya yaitu unit vakum untuk perawatan rutin, karena adalah bagian truck sedot WC yang terpapar limbah dan gampang berkarat. Rajin ganti filter vakum jika memang anda harus melakukannya, dan ganti oli.

Kesimpulan

Itulah informasi lengkap tentang apa saja cara membuat tangki untuk truck sedot WC dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan truck.

Perhatikan bahwa tidak hanya cara membuatnya saja yang menjadi fokus anda. Tapi, juga harus mencari dimana tempat profesional untuk pembuatan tangki supaya truck sedot WC anda punya tangki yang tahan dengan daya hisap vacuum yang begitu kuat, sehingga tidak mudah penyok atau rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *